cloud cloud cloud cloud cloud

Menurut Wikipedia Cloudflare adalah perusahaan Amerika Serikat yang menyediakan jasa jaringan penyaluran konten, pencegahan DDoS, keamanan Internet, dan peladen nama domain terdistribusi. Produk Cloudflare adalah perantara pengunjung web dan penyedia hosting pengguna Cloudflare; Cloudflare berperan sebagai perantara terbalik (reverse proxy) situs web. Perusahaan ini bermarkas di San Francisco, California, dan memiliki kantor di London, Singapura, Champaign, Austin, Boston, dan Washington, D.C.

Jadi Cloudflare merupakan salah satu penyedia Content Delivery Network (CDN) GRATIS! yang bisa menjadikan website anda lebih cepat proses loadingnya. Pada dasarnya fungsi utama CDN untuk mengamankan wesite anda dari serangan Ddos, hacker, juga perlindungan dari ancaman lainnya.

Apa itu CDN?
Sebuah teknologi terbaru sebagai bentuk mirroring content website yang kita miliki. Menggunakan CDN maka content web kita seperti Image, Video CSS, Custom Scripts akan di mirror di server cadangan yang terletak di berbagai negara. Jadi dengan menggunakan CDN artinya content (image,css, video, custom script) akan di copy (mirror) ke server lain, Contoh: Kita memiliki website yang hostingnya berada di di Indonesia, jadi bila ada pengunjung dari Eropa yang datang ke website kita, mereka akan kesulitan membuka website mengingat bandwitdh di negara kita yang kecil, jarak dan kecepatan international connection dari kedua negara, malah sering terjadi timeout.

Dengan menggunakan CDN, walaupun hosting berada di Indonesia, dan ada pengunjung dari Eropa, maka bukan server indonesia yang melakukan proses serta respon, tetapi server CDN yang berada di Eropa. Begitu juga bila ada pengunjung yang berasal dari Amerika, maka server CDN USA yg melakukan reponse ke visitor tersebut. Secara otomatis CDN terdekat akan melihat visitor mana yang dekat dengan posisinya dan memprosesnya.

  1. Walaupun gratis, Cloudflare memberikan fitur-fitur menarik yang bisa Anda dapatkan.
  2. Fitur statistik dimana bisa melihat jumlah visitor serta pemakaian bandwidth.
  3. DNS adalah fitur untuk melakukan setting DNS (A , AAAA, CNAME, MX, TXT ) record. Cloudflare memberikan 2 opsi, bisa menggunakan IP asli hosting atau menggunakan IP Cloudflare
  4.  Layanan SSL free yang diterbitkan oleh Cloudflare (Cryto).
  5.  Firewall.
  6. Speed adalah fitur untuk optimasi yang berhubungan dengan kecepatan loading website.
  7. Membuat cache situs sehingga sumber daya untuk memuat situs lebih cepat dan mengurangi beban server.
  8. Menyembunyikan IP address asli dari web hosting agar hacker tidak dapat menyerang server.

Cara Cloudflare bekerja, ketika DNS domain sudah kita ganti dan diarahkan ke DNS milik Cloudflare, maka yang terjadi ketika pengunjung yang mengakses website anda akan diarahkan ke Cloudflare terlebih dahulu, lalu Cloudflare melakukan proses pengecekan ke server hosting milik anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cloud Hosting mulai dari Rp.13.500/bln

Metode pembayaran: 

© 2019 AutoWebHost.com.

Layanan Hosting di Indonesia dengan menggunakan teknologi Cloud terkini dengan fitur-fitur yang membuat web anda Cepat, Stabil dan Aman.