cloud cloud cloud cloud cloud

Apa si yang dimaksud dengn CDN. CDN itu Jaringan pengiriman konten (Content Delivery Network) mengacu pada sekelompok server yang tersebar secara geografis yang bekerja sama untuk menyediakan pengiriman konten Internet secara cepat. CDN memungkinkan transfer cepat aset yang diperlukan untuk memuat konten Internet termasuk halaman HTML, file javascript, stylesheet, gambar, dan video. Popularitas layanan CDN terus meningkat, dan saat ini mayoritas lalu lintas web dilayani melalui CDN. Apakah kita mengetahuinya atau tidak, kita masing-masing berinteraksi dengan CDN setiap hari; saat membaca artikel di situs berita, berbelanja online, menonton video di YouTube, Facebook, Twitter dan lain-lain.

Illustrasi memakai CDN dan tidak memakai CDN .

Apa pun yang Anda lakukan, atau jenis konten apa yang Anda konsumsi, kemungkinan besar Anda akan menemukan CDN di belakang setiap karakter teks, gambar, dan film yang dikirimkan ke PC atau smartphone anda.

Keuntungan memiliki CDN :

  1. Semua website bisa diakses diseluruh negara.
  2. Meningkatkan kecepatan website.
  3. Mengurangi beban source pada hosting anda (Storage dan Bandwidth).
  4. Meningkatkan rating pada mesin pencari.

Dikenal sebagai latensi, ini merupakan hal yang menjengkelkan yang terjadi saat Anda meminta/ me-request sebuah halaman web yang sangat lama untuk dimuat di browser anda hingga konten semua muncul. Interval penundaan itu dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Namun dalam semua kasus, durasi penundaan dipengaruhi oleh jarak fisik antara Anda dan Server hosting situs web itu. Misi dari CDN adalah secara virtual mempersingkat jarak fisik itu, tujuannya adalah untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja rendering situs.

Cara Kerja CDN
Untuk meminimalkan jarak antara pengunjung dan server situs web Anda, CDN menyimpan versi konten yang di-cache di beberapa lokasi geografis (a.k.a., tempat keberadaan, atau PoP). Setiap PoP berisi sejumlah server caching yang bertanggung jawab atas pengiriman konten kepada pengunjung dalam jaraknya yang dekat. Intinya, CDN menempatkan konten Anda di banyak tempat sekaligus, memberikan cakupan yang unggul kepada pengguna Anda. Sebagai contoh jika ada pengguna di Indonesia mengakses web yang ada di Inggris maka jarak yang paling dekat adalah Singapore. Maka content yang dikirm adalah dari Singapore. Jika Singapore down maka yang bekerja adalah Pop dari Tokyo, Hongkong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cloud Hosting mulai dari Rp.13.500/bln

Metode pembayaran: 

© 2019 AutoWebHost.com.

Layanan Hosting di Indonesia dengan menggunakan teknologi Cloud terkini dengan fitur-fitur yang membuat web anda Cepat, Stabil dan Aman.